Cara Menggabungkan File PDF

Cara Menggabungkan File PDF
Cara Menggabungkan File PDF - Pastinya anda sudah pernah membuka file yang berektensi PDF, yang dimana file seperti ini biasanya digunakan untuk keperluan tertentu dan tidak bisa diedit oleh orang lain dengan mudah.

Adapun kepanjangan dari PDF ini adalah Portable Document Format tersebut merupakan jenis format dokumen ataupun berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Pada awalnya, format yang satu ini biasanya digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, akan tetapi pada saat ini format PDF juga sudah banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan juga citra.

Tentunya tidak sampai disitu saja, karena Adobe System Inc pada saat ini juga sudah mengembangkan sebuah program Acrobat 3D berupa kemampuan PDF untuk bisa membaca dokumen secara tiga dimensi atau seperti nyata.

Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format yang satu ini sering kali digunakan dalam administrasi perkantoran dikarenakan kemudahannya.

Meskipun pada awal perilisannya format yang satu ini kurang banyak diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yaitu Microsoft Office.

Namun hal tersebut tidak membuat PDF sepenuhnya terkalahkan dikarenakan mempunyai fitur yang sangat memudahkan para penggunanya untuk mengarsipkan dokumen inilah yang membuat PDF pada saat ini semakin banyak digunakan.

Bahkan software untuk mengakses PDF ini juga bukan hanya Adibe Reader saja, akan tetapi juga sudah terdapat Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan yang lainnya.

Pada saat ini format file sudah mempunyai banyak sekali jenis, salah satunya adalah file yang mempunyai banyak sekali peminat yaitu File PDF.

Format file PDF yang mempunyai tingkatan keamanan yang tidak mudah untuk diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

File PDF juga bisa anda ubah ke dalam format yang lainnya, walaupun file PDF banyak sekali diminati karena tampilannya yang sangat rapi, namun file PDF ini tetap saja mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri.

Sebelum masuk lebih dalam lagi ke dalam pembahasan utamanya, sebaiknya anda simak pengertian dari PDF ini terlebih dahulu supaya anda mempunyai sedikir gambaran mengenai file PDF tersebut.

Format File PDF merupakan sebuah file yang ada di dalamnya bersifay fleksibel, dalam artian pada saat dibuka pada perangkat apapun file PDF tersebut mempunyai tampilan yang sama seperti yang dibuat sebelumnya.

Yang dimana File PDF ini juga bisa dibuka melalui perangkat apapun itu dimulai dari komputer sampai dengan perangkat smartphone Android, karena itulah file yang satu ini menjadi sangat fleksibel.

Bukan hanya itu saja, seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwasanya file PDF ini sangat mudah untuk digunakan.

Apalagi dengan menggunakan perangkat laptop ataupun komputer, dikarenakan pada perangkat PC ataupun laptop sendiri sudah terinstall secara otomatis software Adobe Acrobat Reader yang dimana Software tersebut biasanya digunakan untuk membuka, membuat dan juga melakukan berbagai macam pengeditan file PDF.

Terdapat satu hal yang tidak bisa dibantah menjadi kelebihan dari file PDF ini adalah file dengan menggunakan format PDF ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Hal tersebut dikarenakan ukuran dari file PDF ini sendiri bisa dibilang sangat kecil, bahkan untuk bisa mempunyai sampai dengan ratusan lembar hanya berukuran paling besar setidaknya 5 MB saja.

Tentu saja ukuran tersebut sangat kecil apabila dibandingkan dengan file yang menggunakan format lainnya tidak akan ada apa-apanya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda pembahasan mengenai bagaimana cara yang dilakukan untuk mengubah file PDF.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Menggabungkan File PDF yang memang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Cara Menggabungkan File PDF

Cara Menggabungkan File PDF
Cara Menggabungkan File PDF
PDF merupakan ekstensi file yang sering kali dipilih pada saat ini, dimulai dari anak sekolah, mahasiswa, sampai dengan para pekerja kantoran yang sangat akrab dengan bertukar file PDF untuk bisa menunjang keseharian mereka.

Aktivitas seperti menggabungkan sebuah file PDF tersebut pada saat ini sudah menjadi suatu hal yang sangat lumrah dan juga sudah banyak sekali dilakukan oleh banyak orang.

Apabila anda sebelumnya semua aktivitas yang berhubungan dengan PDF dilakukan melalui komputer ataupun laptop, kini sudah terdapat solusi yang lainnya bisa anda gunakan untuk mendukung efisiensi waktu.

Dikarenakan anda hanya tinggal menyediakan perangkat smartphone tidak perlu ribet meminjam komputer ke sana-sini, hanya dengan bermodalkan android saja semua urusan anda bisa cepat terselesaikan.

Portabel Documen Format atau PDF ini merupakan format berkas yang dibuat pertama kalinya oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk kebutuhan pertukaran dokumen digital.

Dimana perusahaan yang satu ini juga sangat dikenal karena sudah berhasil mengembangkan sebuah software grafis populer seperti Photoshop dan juga Lightroom loh guys.

Format PDF pada awalnya masih sangat jarang digunakan oleh orang-orang, karena pada dasarnya Software untuk membuat dokumen PDF ini dan untuk membacanya pada saat ini sudah tersedia secara komersial alias berbayar.

Akan tetapi, pada saat ini PDF mempunyai banyak sekali pilihan yang bisa memudahkan para penggunanya dengan kelengkapan fitur yang memang sudah disajikan.

Anda bisa berbagi teks dan juga gambar dalam bentuk file PDF, bukan hanya itu saja file PDF juga bisa dilengkapi dengan tombol interaktif, link, video dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi PDF ini sendiri sudah mempunyai banyak sekali pilihan untuk berbagi dokumen dengan alasan untuk mencegah terjadinya sebuah perubahan format file dalam proses pengiriman.

Akan tetapi, PDF juga mempunyai kekurangan dikarenakan tidak mudah untuk ditambahkan file dan juga halaman yang lainnya, hal tersebut tentunya akan menjadi tantangan dalam proses pengarsipan dan juga pengecekkan dokumen.

Tenang saja, karena pada saat ini sudah terdapat berbagai macam cara yang bisa anda gunakan untuk menggabungkan file PDF yang bisa dilakukan melalui perangkat handphone.

Namun langkah yang satu ini membutuhkan bantuan sebuah situs online atau software tambahan yang bisa membantu anda dalam mengabulkan file PDF dengan cepat.

Di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa situs yang bisa anda gunakan dalam melakukan Cara Menggabungkan File PDF yang bisa langsung diterapkan, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan PDFelement

Menggabungkan File PDF melalui perangkat handphone anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi, yaitu aplikasi PDFelement.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Menggabungkan File PDF menggunakan aplikasi PDFelement yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah download aplikasi PDFelement pada PlayStore atau bisa langsung saja klik link yang sudah kami sediakan berikut ini (Download Aplikasi PDFelement untuk Android).
  • Lalu, anda tinggal menginstall aplikasinya ke dalam perangkat yang anda gunakan apabila sudah berhasil diunduh.
  • Kemudian anda lanjutkan dengan membuka aplikasi dan unggahlah file PDF yang ingin anda gabungkan.
  • Berikutnya, anda tinggal memilih menu Edit Mode dan klillah opsi Merge Documents.
  • Selanjutnya anda tinggal menambahkan file yang ingin anda gabungkan dengan mengklik tanda tambah (+) yang sudah ada di pojok kanan atas.
  • Lanjutkan dengan mengunggah file lainnya yang ingin anda gabungkan, bisa lebih dari dua file yaa guys.
  • Dilanjutkan dengan mengklik opsi Merge atau icon yang sudah berada di pojok kanan bawah.
  • Anda hanya tinggal tunggu beberapa saat sampai dengan prosesnya selesai, bila sudah selesai anda tinggal klik opsi Save untuk menyimpan perubahan.
  • Selesai dech!!!

2. Menggunakan SmallPDF

SmallPDF merupakan sebuah situs online yang bisa memberikan kemudahan dalam mengedit file PDF, anda juga bisa menggabungkan file PDF fengan menggunakan bantuan situs yang satu ini dengan cara mengaksesnya melalui browser handphone.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Menggabungkan File PDF dengan menggunakan situs SmallPDF yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka situs SmallPDF melalui browser handphone anda atau bisa langsung saja klik link berikut ini (Kunjungi Situs SmallPDF).
  • Apabila anda sudah berhasil masuk ke dalam situsnya, silahkan anda tinggal memilih menu Menggabungkan PDF.
  • Lalu, anda lanjutkan dengan klik Pilih File dan tambahkanlah file PDF yang anda ingin gabungkan.
  • Bila filenya suda berhasil diunggah anda tinggal klik Gabungkan File.
  • Lanjut anda tinggal memilih menu Gabungkan PDF.
  • Langkah yang terakhir, anda hanya tinggal menunggu beberapa saat sampai dengan prosesnya sudah selesai, bila sudah selesai anda tinggal klik Unduh File untuk menyimpan file PDF yang memang sudah selesai digabungkan.
  • Selesai dech!!!

3. Menggunakan PDF Utils

Cara yang lainnya untuk menggabungkan file PDF menggunakan perangkat handphone adalah dengan menggunakan aplikasi PDF Utils.

Yang dimana aplikasi satu ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan juga sudah mendapatkan rating 4,5 pada Playstore.

Anda bisa langsung saja mengikuti langkah-langkah mengenai Cara Menggabungkan File PDF menggunakan aplikasi PDF Utils yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah download aplikasi PDF Utils melalui Google Playstore atau bisa langsung saja klik link yang sudah kami sediakan berikut ini (Download Aplikasi PDF Utils untuk Android).
  • Setelah itu anda tinggal install aplikasinya ke dalam perangkat yang anda gunakan.
  • Bila aplikasinya sudah berhasil terpasang dengan sempurna, anda tinggal masuk ke dalam aplikasi dan pilihlah menu Merge PDF/Images.
  • Lalu, anda hanya tinggal menambahkan file PDF yang ingin anda gabungkan atau bisa langsung saja mengklik icon tiga garis vertikal dengan tanda (+) yang sudah berada di pojok kanan atas layar.
  • Lanjutkan dengan mengklik icon Centang yang sudah berada di pojok kanan bawah dan berikanlah nama File PDF atau sesuai dengan keinginan anda.
  • Yang terakhir, nantinya file tersebut akan muncul pada layar setelah proses penggabungan sudah selesai dilakukan dan anda bisa langsung saja membagikannya ke beberapa media yang lainnya seperti WhatsApp sampai dengan Gmail.
  • Selesai dech!!!

4. Menggunakan IlovePDF

Hampir mirip dengan SmallPDF, yang dimana situs IlovePDF ini juga bisa diakses melalui browser yang sudah ada dalam perangkat smartphone anda apabila anda ingin menggabungkan file PDF.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Menggabungkan File PDF melalui situs IlovePDF yang bisa langsung diterapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke dalam situs IlovePDF dengan mengklik link tautan yang sudah kami sediakan berikut ini (Kunjungi Situs IlovePDF).
  • Lalu, anda bisa langsung saja memilih menu Gabungkan PDF.
  • Kemudian anda lanjutkan dengan memilih opsi Pilih File PDF dan tambahkanlah file yang ingin anda gabungkan.
  • Setelah itu, anda tinggal klik Gabungkan PDF dan tunggulah beberapa saat sampai dengan prosesnya selesai dilakukan.
  • Tahap yang terakhir, anda tinggal klik opsi Unduh PDF yang Digabungkan untuk menyimpan file PDF yang sudah selesai digabungkan.
  • Selesai dech!!!

Akhir Kata

Itulah dia semua pembahasan mengenai cara menggabungkan file pdf yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat amat mudah loh guys.

Anda bisa menggunakan atau memilih salah satu dari beberapa metode yang sudah kami sediakan di atas, gunakanlah cara yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan.

Jika anda merasa bahwasanya penjabaran yang sudah kami paparkan untuk anda di atas itu penting, jangan lupa untuk bantu bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Akhirnya selesai sudah segala macam uraian pada artikel kali ini yang bisa kami berikan untuk anda, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.

Posting Komentar untuk "Cara Menggabungkan File PDF"